Usai Perjusami, 415 Pramuka Saka Bahari Dilantik Komandan Lanal Tegal Di Monumen Perjuangan TNI-AL Kalibakung

Usai Perjusami,  415 Pramuka Saka Bahari Dilantik Komandan Lanal Tegal Di Monumen Perjuangan TNI-AL Kalibakung

Lantamal V (27/1), —

Usai Perkemahan Jumat  Sabtu Minggu (Perjusami), sebanyak 415 Pramuka Saka Bahari dilantik Komandan Pangkalan TNI-AL (Lanal) Tegal, Lantamal V, Letkol Laut (P) Agus Haryanto S.E.,M.Tr.Hanla  di Monumen Perjuangan TNI AL Kalibakung Wana Samudra Lanal Tegal Jl. Raya Yomani-Guci Kec.Balapulang Kab.Tegal, Minggu (27/1).

Prosesi Pelantikan anggota Saka Bahari Lanal Tegal Tahun 2019 ini, dilaksanakan dengan Upacara yang berlangsung dengan penuh kekhidmatan dengan Pembina Upacara Danlanal Tegal yang juga menjadi Ketua Mabi Saka Bahari.

Dalam prosesi upacara tersebut disematkan pula brevet Saka Bahari kepada beberapa tokoh masyarakat yang dilantik menjadi warga kehormatan Saka Bahari Lanal Tegal, diantaranya Sekda Kab. Tegal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Tegal, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Tegal, Jajaran Pengurus Kwarcab Pramuka Tegal dan Jajaran Forkompincam Kec. Balapulang serta tiga orang Pelaku Sejarah dari Pejuang 45 ALRI.

“Kepada adik-adik Saka Bahari yang saya banggakan marilah kita menggelorakan kembali semangat perjuangan seperti para pendahulu bangsa. Perjuangan dimasa sekarang bukan lagi perjuangan melawan penjajah seperti di masa lalu, tetapi perjuangan saat ini adalah bagaimana setiap anak bangsa ikut andil berperan dalam membangun Negara dan Bangsa dengan segala kemampuan yang dimiliki,” ajak Danlanal Tegal.

Hal itu sejalan dengan cita-cita Negara kita Sebagai Poros Maritim Dunia, yang mana bangsa Indonesia merupakan negara yang paling unik di dunia, karena 2/3 luas wilayah kita adalah lautan, yang terdiri 17.000 Pulau yang menghampar di lautan.

Menurutnya, untuk dapat memanfaatkan potensi kekayaan laut secara optimal, yang pertama kita harus mengubah mindset,  bahwa kita adalah Bangsa Lautan, Bangsa Bahari yang mempunyai banyak sejarah historis dan jiwa bahari itulah yang kita dengungkan, serta jiwa maritim harus tertanam dalam sanubari kita dimanapun berada.

Usai penutupan,  para Saka Bahari yang baru dilantik ini, mendengarkan langsung penuturan kisah heroik perjuangan dan eksistensi para TKR Laut dalam melawan penjajah diseluruh wilayah eks karisedenan Pekalongan serta sejarah cikal bakal Monumen Perjuang TNI-AL Kalibakung, dari para pelaku sejarah yang tergabung dalam Corp Armada (CA)-IV ALRI Tegal dan dipandu oleh Komandan Lanal.