Komandan Pangkalan TNI AL Tegal, Buka PERJUSAMI Saka Bahari

Komandan Pangkalan TNI AL Tegal, Buka PERJUSAMI Saka Bahari

Lantamal V (26/1).

Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal, Lantamal V,  Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE, M.Tr.Hanla membuka langsung jalanya  Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (PERJUSAMI) Saka Bahari Lanal Tegal, di Bumi Perkemahan Wana Samudra, Komplek  Monumen Perjuangan TNI AL  Kalibakung Jl. Raya Yomani-Guci Desa Kalibakung Kec. Balapulang Kab. Tegal, kemarin petang.

Sebanyak 415 anggota Penegak Saka Bahari Binaan Pos TNI-AL  (Posal) jajaran Lanal Tegal, mengikuti kegiatan kemah yang digelar di Lokasi Bumi Perkemahan yang baru diresmikan sebulan lalu ini.

Kegiatan Perjusami tersebut akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 25 s.d 27 Januari 2019 serta diakhiri dengan long march menuju OW. PAI.

Komandan Lanal Tegal yang sekaligus menjadi Ketua Mabi Saka Bahari ini menyampaikan bahwa, kegiatan perkemahan ini digelar dalam rangka memperingati  Hari Dharma Samudra dan merupakan Perkemahan yang pertama kalinya digelar Lokasi Monumen sejak renovasi.

Selain bertujuan untuk mendidik siswa agar semakin mampu untuk hidup mandiri lanjut Danlanal Tegal,  kegiatan ini juga ditujukan untuk memupuk rasa persaudaraan antar sesama anggota Saka Bahari.

Perkemahan ini juga sekaligus sebagai sarana pembentukan karakter anggota Saka Bahari yang berjiwa Tegar dan Ksatria.

“Selain itu, pada kesempatan ini saya akan memperkenalkan Bumi Perkemahan Wana Samudera yang mana didalamnya ada monumen perjuangan TNI AL,” tegasnya.

Tempat ini lanjutnya memiliki nilai sejarah tinggi, para pejuang TKR Laut menyusun waktu itu menyusun strategi hingga sampai di Desa Kalibakung, mereka berjuang dengan gigih mengorbankan jiwa raganya dalam  menghadapi Agresi Militer Belanda.

Danlanal berharap dan mengajak kepada adik-adik Saka Bahari untuk bersama-sama mengamalkan nilai-nilai sejarah dan nilai-nilai kemaritiman, jadikan kegiatan ini sebagai sarana silakhturahmi memupuk semangat persaudaraan, kebersamaan dan gotong royong.