KOLAT KOARMADA II BUKA KELAS PENYIAPAN L-1/L-2 UNTUK KAPAL YANG AKAN DIUJI

Surabaya, 23 Januari 2019

Tim Gladi Tugas Tempur Kolat Koarmada II membuka kelas penyiapan bagi unsur-unsur KRI yang akan melaksanakan Uji Terampil L-1/L-2. Pelajaran klasikal ini dilaksanakan di Auditorium TTT Puslat Penerbal Kolat Koarmada II pada minggu ke 3 dan 4 di bulan Januari 2019.

 Adapun unsur-unsur KRI yang mengikuti pelajaran ini antara lain KRI Fatahillah-361, KRI Hasan Basri-382, KRI Sampari-628, KRI Kerapu-812 , KRI Hiu-634 dan KRI KArang Pilang-981. Kepala Departemen Uji Glaggaspur, Mayor Laut (P) Abdul Gofur, menyampaikan jika temuan di lapangan saat melaksanakan uji terampil L-1/L-2 adalah banyak KRI yang sudah lupa dengan prosedur pelaksanaan peran-peran di kapal sehingga mendorong tim Glagaspur untuk memberikan pembekalan sebelum pelaksanaannya sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan.

Kegiatan klasikal ini meliputi review prosedur peran-peran ter-update yang dilaksanakan di KRI dari peran persiapan kapal berlayar dan bertempur sampai dengan peran peninggalan. Adapun materi yang krusial dan esensial selama pelajaran ini adalah peran penanggulangan kebakaran dan kebocoran di bawah koordinator Kapten Laut (T) Pivit Sumantri dan Kapten Laut (T) Fakhrizal Abdong.

Atensi dari para prajurit sangat tinggi mengingat kegiatan seperti sudah sangat jarang dilaksanakan di KRI dikarenakan keterbatasan instruktur dan regenerasi di KRI. Kegiatan ini pada dasarnya merupakan inisiatif dari Glagaspur Kolat Koarmada II yang sesuai dengan program Dankolat Koarmada II Kolonel Laut (P) Arif Badrudin M.Mgt.Stud. untuk memberikan pelayanan terbaik dalam menggugah para prajurit KRI yang sudah mulai melupakan prosedur-prosedur kerja di atas geladak kapal yang mana dibuat untuk menyelamatkan personel dan material yang ada di atasnya.

Kedepan diharapkan seluruh KRI-KRI yang akan melaksanakan uji terampil dan membutuhkan asistensi pengajaran dapat menghubungi Kolat Koarmada II untuk diberikan pembekalan lebih awal sebelum pada tahap klasikal uji glagaspur sebelum dilaksanakan penilaian.

 

Kadispen Koarmada II Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo A.