DISKES LANTAMAL XIII TARAKAN LAKSANAKAN FOGING DI RUMDIS DAN PERKANTORAN LANTAMAL XIII


TARAKAN – Rabu (23/1/2019). Lebih baik mencegah dari pada mengobati, hal ini menjadi semboyan bagi Dinas Kesehatan Lantamal XIII Tarakan. Guna mencegah dari serangan penyakit demam berdarah, Dinas Kesehatan Lantamal XIII melaksanakan foging diseluruh komplek Lantamal XIII Tarakan baik di lingkungan perkantoran maupun di lingkungan perumahan dinas TNI AL yang berada di Kampung Baru, Sibengkok, Ladang, Lingkas dan Yonmarhanlan XIII di Amal.

Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XIII Letkol Laut (K) M. Yasser, S.Si., M.Sc., Apt membagi sektor-persektor pada pelaksanaan foging tersebut. Proses foging dimulai pada hari Sabtu, 17 Januari 2019 di lingkungan Mako Lantamal XIII Jl. Yos Sudarso, Kediaman Wadan Lantamal dan Asisten serta Mako Pomal di Kelurahan Lingkas. Dilanjutkan ke Kediaman Komandan Rumdis Ladang, Rumdis Semangat Baru, Rumdis Kampung Baru dan Rusun, Mess Bunyu, Mako Yonmarhanlan dan Posal Amal.

Foging ini merupakan bentuk pencegahan terhadap berkembangnya nyamuk Aedes Aeqypti pebawa virus dengue yang akhir-akhir ini marak dibeberapa tempat bahkan sudah ada yang terjangkit penyakit demam yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk tersebut. Dengan foging bukan berarti semua nyamuk akan bersih akan tetapi harus diikuti dengan pola hidup yang sehat dan bersih, agar terhindar dari segala bentuk penyebaran penyakit dari nyamuk yang berbahaya terhadap manusia.

Ada beberapa bentuk yang dilakukan sebagai upaya pencegahan yang dikenal dengan 3 M, Menutup tempat air yang selalu digunakan agar tidak di jadikan tempat bertelur dan berkembang jentik nyamuk. Mengubur kaleng bekas atau sampah yang mungkin menjadi tempat berkembangnya jentik nyamuk. dan Menguras bak mandi atau tempat penampung air dengan kala atau jangka waktu tertentu agar kondisi air tetap sehat untuk digunakan.

Dispen Lantamal XIII.