Komandan Lantamal V Hadiri Delivery Ceremony KRI Semarang-594 dan Pengukuhan Komandan KRI

Komandan  Lantamal V Hadiri  Delivery Ceremony KRI Semarang-594 dan Pengukuhan Komandan KRI

Lantamal V (21/01), —

Komandan Pangkalan  Utama TNI AL V (Danlantamal V) Laksma TNI Edwin,  S. H, didampingi Ketua Korcab V DJA ll Ny. Wenny Edwin menghadiri  Serah Terima/Delivery Ceremony KRI Semarang-594 dan Upacara Pengukuhan Komandan Kapal di Dermaga Timur Divisi Kapal Niaga PT. PAL Indonesia JL. Hang Tuah No. 295-297 Surabaya, Senin (21/1).

Hadir dalam kegiatan tersebut  KASAL (Laksamana TNI Siwi Sukma Aji, S.E., M.M.)  beserta Istri,  Dirut PT. PAL,  perwakilan Kemhan, Perwakilan Mabes TNI,  Asrena KASAL  beserta Istri, Asops KASAL  beserta Istri, Aslog KASAL  beserta Istri,  Aspam KASAL  beserta Istri, Pangkoarmada I beserta Istri, Pangkoarmada II dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu tampak hadir juga  mantan apra mantan Kasal untuk menyaksikan acara bersejarah ini.

Menurut Kasal,  dengan peresmian kapal produksi anak bangsa ini,  TNI Angkatan Laut menerima kembali satu Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) baru buatan anak bangsa.

Kapal baru ini berjenis Lending Platform Dock (LPD) yang di produksi oleh PT PAL Indonesia dan diberi nama KRI Semarang (SMR) 594 akan memperkuat Armada TNI Angkatan Laut (Koarmada l).

Kepala staf TNI Angkatan Laut ( Kasal ) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E,.M.M. memimpin jalannya upacara serah terima Jabatan, upacara peresmian dan pengukuhan komandan KRI Semarang – 594 di Dermaga Timur Divisi Kapal Niaga PT. PAL Indonesia.

Kapal LPD ini memiliki spesifikasi panjang 124 meter, lebar 21,80 meter, dengan berat 7200 ton, kapal tersebut memiliki kecepatan  maksimal 16 knots, dengan kecepatan penjelajah 14 knots serta mampu berlayar dengan endurance selama 30 hari.

KRI Semarang – 594 akan bergabung dengan jajaran Koarmada I di bawah Satuan Kapal Amphibi (Satfib). Pada kesempatan ini juga, Kasal melantik serta mengukuhkan Letkol Laut (P) Pantun Ujung, M.Tr.Hanla,. sebagai Komandan pertama KRI Semarang-594.

KRI produksi anak bangsa ini, dilengkapi dengan dua kapal Landing Craf Utilities (LCU) yang mampu mengangkut  delapan unit tempur jenis anoa, 28 truk, serta 3 unit helikopter baik itu pada helideck maupun di hanggar KRI Semarang -594 diperkuat 121 anak buah kapal dan mampu mengangkut 650 prajurit.

Selain melaksanakan rangkaian acara peresmian kapal dan pengukuhan komandan  KRI, Kasal juga melaksanakan peninjauan langsung dengan diawali prosesi pengguntingan pita oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji.

KRI Semarang – 594 merupakan salah satu dari tiga kapal LPD yang di pesan oleh TNI Angkatan Laut, dua unit kapal sebelumnya yaitu KRI Banjarmasin – 592 dan KRI Banda Aceh  – 593.

Kapal tersebut memiliki fungsi untuk membantu  distribusi  militer baik logiistik, peralatan dan perlengkapan militer, serta akan difungsikan sebagai kapal bantu rumah sakit untuk bantu kemanusiaan salah satunya penanganan bencana alam.

Mengingat geografi negara Indonesia berada dalam Ring Of Fire, sehingga sesuai dengan kebijakan pemerintah, TNI AL harus  memiliki  minimal tiga kapal Rumah sakit sekelas dr. Suharso – 990.