Personel Lanal Yogyakarta Ikuti Rangkaian Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2019

Personel Lanal Yogyakarta Ikuti Rangkaian Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2019

Lantamal V (15/01), —

Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta, Lantamal V mengikuti rangkaian kegiatan Peringatan Hari Dharma Samudera 2019 untuk Mengenang Pertempuran Laut Arafuru hingga tadi malam.

Rangkaian kegiatan mulai dilaksanakan sejak pagi hari, mulai mengikuti upacara Peringatan Hari Dharma Samudera 2019 di lapangan apel Mako Lanal Yogyakarta Jl. Melati Wetan No 62 Baciro Yogyakarta, hingga doa bersama dan menyaksikan film dokumenter pertempuran Laut Arafuru 15 Januari 1962.

Upacara peringatan Hari Dharma Samudera 2019 dipimpin langsung Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Letkol Marinir Bambang Adriantoro dengan Komandan Upacara (Danup) Kapten Marinir Susanto.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M dalam amanatnya yang dibacakan Irup menyampaikan tiga pesan penting dalam memperingati  Pertempuran Laut Arafuru yang berlangsung heroik pada 15 Januari 1962 dima tiga kapal ALRI yaitu RI Harimau, RI Matjan Tutul dan RI Matjan Kumbang berjibaku melawan kapal kombatan utama dan sebuah pesawat udara angkatan laut Belanda.

Pertempuran memberikan keteladanan tentang nilai dan semangat kejuangan yakni sikap ksatria, rela berkorban dan tidak pernah gentar menghadapi musuh dalam mempertahankan wilayah.

“nilai-nilai kejuangan ini harus diwarisi seluruh prajurit TNI Angkatan Laut dimana berada dan bertugas, agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, untuk itu para prajurit dapat mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan dan keteladanan yang telah diwariskan para pejuang terlebih dahulu,” terangnya.

Hal tersebut Lanjutnya,  sangat diperlukan Untuk mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional dan modern seperti berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.

Sementara itu pada malam harinya, segenap Prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta melaksanakan Doa Bersama dan Menyaksikan Film Mengenang Pertempuran Laut Arafura 15 Januari 1962 bertempat di aula Mako Lanal Yogyakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan tepat pukul 20.05-20.35 WIB, hal tersebut dilaksanakan agar prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta dapat merasakan nuansa heroik saat pertempuran terjadi pada malam hari jam “J” tersebut, dimana KRI Matjan Tutul dengan berani dan gentle melakukan perlawanan kepada musuh dengan pekik terahkir dari Komodor Yos Sudarso “Kobarkan Semangat Pertempuran”, hal ini sebagai tauladan bagi generasi penerus bangsa akan semangat kegigihan dan pengorbanan dalam upaya menegakkan kedaulatan bangsa Indonesia oleh prajurit TNI Angkatan Laut.