Peringati Hari Dharma Samudera Lanal Denpasar Gelar Bersih-Bersih Pantai Kedonganan Bali

Peringati Hari Dharma Samudera Lanal Denpasar Gelar Bersih-Bersih Pantai Kedonganan Bali

Lantamal V (15/01), —

Pada perinatan Hari Dharma Samudra tahun 2019 ini, Prajurit, PNS dan Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 10 Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar, Lantamal V,  menggelar bersih-bersih pantai Kedonganan Kabupaten Badung Bali, Rabu (16/1).

Komandan Lanal Denpasar, Lantamal V Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko yang ikut hadir didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 10 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Henricus Prihantoko, mengatakan bahwa bersih-bersih pantai Kodonganan Wilayah Jimbaran Kabupaten Badung Bali tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera yang ke 57 tahun 2019.

Peringatan Hari Dharma Samudera itu merupakan bentuk memperingati peristiwa pertempuran heroik yang terjadi di Laut Arafuru 15 Januari 1962 silam.

“Bersih-bersih sampah di pantai ini juga merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Lanal Denpasar untuk memberi kesadaran kepada masyarakat pesisir guna pentingnya kebersihan pantai,” terangnya.

“Pantai Kedonganan ini lokasinya berdekatan dengan pantai Jimbaran yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik local maupun wisatawan asing, jadi wajib bersih, ” ujar Danlanal Denpasar.

Dalam rangka bersih – bersih pantai untuk memperingti Hari Dharma Samudera tersebut, Lanal Denpasar menggandeng seluruh elemen masyarakat yang ada disekitar pantai Kedonganan, baik jajaran Instansi TNI dan Polri, Instansi Maritim serta Pemerintah Daerah setempat maupun organisasi masyarakat untuk ikut serta membersihkan pantai di Kedonganan.

Menurut Danlanal, sampah laut saat ini masih merupakan permasalahan yang harus secara terus-menerus diperangi.

Nampak Puluhan Nelayan dan masyarakat Desa Kedonganan serta aparat terkait, beserta anggota Lanal Denpasar dan Pos Angkatan Laut (Posal) Kedonganan secara bahu membahu melakukan kegiatan bersih-bersih pantai Kedonganan.