Pangkalan TNI AL Tegal Gelar Doa Bersama Peringati Hari Dharma Samudera

Pangkalan TNI AL Tegal Gelar Doa Bersama Peringati Hari Dharma Samudera

Lantamal V (16/1).

Pangkalan TNI AL  (LANAL) Tegal, Lantamal V,  menggelar doa bersama dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2019 bertajuk “Mengenang Pertempuran Laut Arafuru” yang dilaksanakan di Aula Sardjoe Markas Komando (Mako) Lanal Tegal tadi malam.

Doa bersama tersebut dilakukan secara agama Islam dan Khatolik tepat pada pukul 20.30 Wib

Dalam doa bersama tersebut, Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto S.E., M.Tr., Hanla membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E, M.M.

Dalam amanatnya, Kasal mengatakan bahwa para pahlawan pertempuran Laut Arafuru telah memberikan teladan sejati yakni sikap ksatria, rela berkorban, pantang menyerah dan tetap gigih sampai akhir.

Para pahlawan pertempuran Laut Arafuru lanjut Kasal,  telah membuktikan bahwa bangsa indonesia tidak pernah gentar menghadapi musuh dalam upaya mempertahankan wilayah negara kesatuan republik indonesia.

Nilai – nilai pertempuran Laut Arafuru yang luhur ini harus menjadi jiwa dan semangat generasi penerus bangsa untuk menghadapi tantangan tugas masa kini dan masa depan yang tidak kalah beratnya.

Pentingnya arti pewarisan nilai-nilai kepahlawanan pertempuran Laut Arafuru ini, menjadi pertimbangan utama TNI Angkatan Laut menggelar acara doa bersama mengenang pertempuran Laut Arafuru pada malam hari ini.

“Acara yang baru digelar tahun ini merupakan bagian dari peringatan hari Dharma Samudera, dimana acara seperti ini juga dilaksanakan secara serentak di semua satuan TNI Angkatan Laut dan unsur-unsur KRI di mana pun bertugas baik di dalam negeri maupun luar negeri” ujar Kasal.

Hadir dalam doa bersama Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto S.E, M.Tr. Hanla, Palaksa Lanal Tegal Mayor Laut (P) Kadrawi S.H. Perwira Staf Lanal Tegal, Ketua PNKT Kota Tegal H. Susanto Agus Priyono beserta Pengurus, Ketua Cabang 7 Korcab V DJAD Ny. Endah Agus Haryanto beserta Pengurus, serta diikuti seluruh Prajurit dan PNS Lanal Tegal lainnya.

Selain doa bersama juga dilaksanakan pemutaran Film Mengenang Pertempuran Laut Arafuru, Mengheningkan Cipta dan Persembahan Lagu Gugur Bunga.