WALAU HUJAN MENGGUYUR, PRAJURIT LANTAMAL XIII TARAKAN TETAP KHIDMAT MELAKSANAKAN UPACARA HARI DHARMA SAMUDERA TH.2019


TARAKAN – Hujan mengguyur kota Tarakan sejak tadi pagi, Selasa (15/1/2019) yang tak ada hentinya, akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat para prajurit dan PNS Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan untuk tetap menggelar Upacara Parade dalam rangka mengenang perjuangan para pahlawan yang telah gugur pada peristiwa pertempuran di laut Arafuru.


Bertempat di lapangan apel Mako Lantamal XIII Jl. Yos Sudarso No.10 Kelurahan Selumit Pantai, Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si., M.A. memimpin pelaksanaan upacara tersebut. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Mayor Laut (PM) Adanto Tri Satyono yang sehari-hari menjabat sebagai Kasi Gakum Pomal Lantamal XIII Tarakan. Adapun tema peringatan Hari Dharma Samudera kali ini adalah “Mengenang Pertempuran Laut Arafuru 15 Januari 1962”.

Susunan pasukan yang mengikuti upacara tersebut terdiri dari dari 1 Unit Musik Lantamal XIII, 1 SST Pamen Lantamal XIII, 1 SST Pama Lantamal XIII, 1 SST Bintara Lantamal XIII, 1 SST Tamtama Lantamal XIII, 1 SST Gabungan Ba/Ta Yonmarhanlan XIII dan 1 SST PNS Lantamal XIII. Hadir dalam upacara tersebut Wadan Lantamal XIII, Para Asisten Danlantamal XIII dan para Kasatker Lantamal XIII.

Pada acara amanat Inspektur Upacara, Danlantamal XIII membacakan amanat Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., beliau menyampaikan bahwa, Acara doa bersama mengenang pertempuran laut Arafuru 15 Januari 1962 ini memiliki dua tujuan. Pertama, acara ini merupakan salah satu bentuk penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pahlawan pertempuran laut Arafuru dan pertempuran laut lainnya, yang telah mengorbankan jiwa dan raga mereka demi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. Sejarah membuktikan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai jasa para pahlawannya. Tujuan kedua yang tidak kalah pentingnya adalah mewariskan nilai-nilai luhur para pahlawan pertempuran laut kepada generasi penerus untuk dapat diaktualisasikan dalam tugas-tugas kekinian. Kenyataan telah memperlihatkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki karakter nasionalnya yang mampu menyaring nilai-nilai global untuk kepentingan nasionalnya.

Selesai pelaksanaan upacara parade dilanjutkan dengan acara foto bersama

Dispen Lantamal XIII