Peringati Hari Dharma Samudera, Pangkalan TNI-AL Tegal Gelar Upacara Tabur Bunga

Peringati Hari Dharma Samudera, Pangkalan TNI-AL Tegal Gelar Upacara Tabur Bunga

Lantamal V (15/01), —

Pada peringati Hari Dharma Samudera Th. 2019 ini. Pangkalan TNI-AL (Lanal) Tegal, Lantamal V  menggelar Upacara Tabur Bunga di Lapangan Pos Olahraga Perairan Lanal Tegal, Komplek Obyek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Kel. Mintaragen Kec. Tegal Timur Kota Tegal, Selasa, (15/1).

Prosesi upacara yang digelar ditepi pantai ini, berlangsung dengan penuh khidmat. Selain diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS serta anggota Jalasenastri Lanal Tegal, upacara kali ini juga diikuti oleh perwakilan dari instansi kemaritiman serta para pelajar dan anggota Pramuka Saka Bahari.

“Sejarah mencatat, peringatan Hari Dharma Samudera, tidak bisa dilepaskan begitu saja dengan peristiwa pertempuran Laut Arafuru yang berlangsung heroik yang terjadi pada 15 Januari 1962 dimana tiga kapal ALRI yaitu KRI Harimau, KRI Matjan Tutul dan KRI Matjan Kumbang.” Ujar Komandan Lanal Tegal Letkol Laut  (P) Agus Haryanto SE, M.Tr.Hanla yang memimpin langsung jalannya upacara tersebut.

Menurut Danlanal, pada saat itu gugus tempur laut ALRI yang dikomandoi oleh Komodor Yos Soedarso, berjibaku melawan tiga kapal kombatan utama jenis destroyer dan sebuah pesawat udara AL Belanda dalam konfontrasi operasi Mandala Trikora merebut Irian Barat.

Komodor Yos Sudarso gugur pada pertempuran ini setelah menyerukan pesan terakhirnya yang terkenal, “Kobarkan semangat pertempuran”. Terangnya.

“Nilai-nilai kejuangan ini harus diwarisi seluruh prajurit TNI AL, agar tetap militan, tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan global, dimana perkembangan teknologi saat ini begitu pesat,” Tambahnya.

Agus -sapaan akrab Danlanal Tegal ini- berpesan untuk para prajurit dapat mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan dan keteladanan yang telah diwariskan para pejuang terlebih dahulu.

“Nilai-nilai keteladanan yang telah diwariskan para pendahulu, hal tersebut sangat diperlukan mewujudkan TNI AL yang profesional dan modern.” Pungkasnya