Lanal Cilacap Gelar Upacara Peringatan Hari Dharma Samudra

Lanal Cilacap Gelar Upacara Peringatan Hari Dharma Samudra

Lantamal V (15/01), —

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap, Lantamal V menggelar peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2019 yang diikuti prajurit dan PNS di Lapangan Apel Mako Lanal Cilacap, Jateng,  Selasa (15/1).

Peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2019 ini  dipimpin langsung Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo, dengan Komandan Upacara dipercayakan kepada Kapten Laut (S) Suwanta.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam amanatnya yang dibacakan Danlanal Cilacap mengatakan, upacara yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini merupakan bentuk penghormatan kita semua kepada para pahlawan bangsa, sekaligus untuk mengenang peristiwa yang terjadi di laut Arafuru pada 57 tahun silam.

Menurut Kasal,  pertempuran penuh semangat membela negara di laut Arafuru pada 15 Januari 1962, telah memberikan keteladanan sejati kepada kita tentang nilai dan semgangat kejuangan, yakni sikap kesatria, rela berkorban dan tak pernah gentar menghadapi musuh dalam mempertahankan  wilayah dan kedaulatan NKRI.

“Oleh sebab  itu, Nilai – nilai kejuangan tersebut harus di warisi oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Luat, agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan,” pintanya.

Orang nomor satu dijajaran TNI AL ini juga menekankan prajurit untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan patriotisme dan kepahlawanan serta nilai-nilai keteladanan  yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita.

Hal tersebut sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.