Komandan Lanal Banyuwangi Pimpin Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera 2019

Komandan Lanal Banyuwangi  Pimpin Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera 2019

Lantamal V (15/01), —

Komandan Lanal Banyuwangi, Lantamal V  Letkol Laut (P) Suhartaya. MTr. Hanla memimpin upacara  peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2019 di Lapangan Apel Mako Lanal Banyuwangi, Selasa (15/1).

Upacara peringatan ini, diikuti seluruh perwira, bintara, tamtama, dan PNS  Lanal Banyuwangi.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Lanal Banyuwangi mengatakan bahwa upacara peringatan Hari Dharma Samudera merupakan bentuk penghormatan kita semua terhadap para pahlawan bangsa sekaligus mengenang peristiwa heroik yang terjadi di laut Aru pada 57 tahun silam.

Dimana tiga kapal cepat ALRI yaitu RI Harimau, RI Matjan Tutul, dan RI Matjan Kumbang berjibaku melawan tiga kapal kombatan utama dan sebuah pesawat udara Angkatan Laut Belanda yang lebih Modern dan canggih pada masa itu.

Melihat kekuatan tempur yang tidak seimbang, Komodor Yos Sudarso mengambil alih komando kapal dengan melakukan manuver menyongsong gerak maju tiga kapal kombatan Belanda.

Dengan pekikan penuh semangat pertempuran Komodor Yos Sudarso menyerukan “Kobarkan Semangat Pertempuran”. Meskipun pada akhirnya RI Matjan Tutul tenggelam secara gentle and brave bersama sang Komodor Yos Sudarso yang gugur sebagai kusuma bangsa.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa Indonesia harus dapat mengaktualisasikan nilai-nilai patriotisme dan kepahlawanan serta nilai-nilai keteladanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam upaya mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global,” ujar Kasal.