DANLANTAMAL XIII TARAKAN BERIKAN PENGHARGAAN PADA 3 PRAJURIT BERPRESTASI PADA ACARA NONTON FILM BERSAMA MENGENANG PERTEMPURAN LAUT ARAFURU


TARAKAN – Pada moment bersejarah dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera hari ini, Selasa (15/1/2019) Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) menggelar acara “Doa, Mengheningkan Cipta dan Nonton Film bersama dalam rangka Mengenang Pertempuran Laut Arafuru 15 Januari 1962” yang pelaksanaannya digelar di Balai Prajurit Gedung Gita Jalatama Jl. Diponegoro Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara pada pukul 20.10 Wita.


Acara nonton film bersama ini dilaksanakan serempak di seluruh Satuan TNI AL di seluruh Indonesia. Untuk pelaksanaan di Lantamal XIII Tarakan acara dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si., M.A.. Pada kesempatan yang penuh perasaan haru dalam mengenang sejarah pertempuran Laut Arafuru Danlantamal XIII mengawali acara dengan memberikan pembekalan kepada seluruh prajurit dan PNS Lantamal XIII dan Yonmarhanlan XIII dan dilanjutkan dengan memberikan motivasi.

Diantara motivasi yang disampaikan Danlantamal XIII kepada seluruh personel Lantamal XIII dan Yonmarhanlan XIII adalah “Jika ingin berhasil jangan pernah melihat dan membedakan satu pahlawan dengan pahlawan lainnya, setiap pahlawan memiliki kontribusi menguatkan semangat juang kita dari sudut yang berbeda. Marilah kita merenungkan bagaimana pahlawan pahlawan dalam hidup kita yang menjadikan kita besar, menjadikan kita berhasil. Marilah kita merenungkan pahlawan pahlawan kekinian kita. Lanjut beliau, Jika ingin berhasil marilah kita bersatu untuk mewujudkannya, kita bersatu untuk membentuk sebuah tim, tim yang hebat tidak melihat ada suatu kekurangan atau kelemahan akan tetapi tim yang hebat selalu mengedepankan kekuatan dan kemampuan yang dimiliki.

Setelah pemberian motivasi, Danlantamal XIII memberikan penghargaan kepada 2 orang prajurit Lantamal XIII dan 1 orang prajurit Lanal Nunukan yang berprestasi dalam menjalankan tugasnya.

Setelah pemberian penghargaan kepada prajurit berprestasi, Danlantamal XIII membacakan amanat Bapak Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.. Beliau menyampaikan bahwa Nilai-nilai kepahlawanan pertempuran laut Arafuru yang mencakup sikap Ksatria, rela berkorban, pantang menyerah dan tetap gigih yang bisa mewujudkan tujuan yang sebenarnya merupakan proyeksi nilai-nilai luhur pertempuran Laut Arafuru.

Hadir pada acara tersebut Wadan Lantamal XIII, para Asisten Danlantamal XIII, Dansatrol Lantamal XIII, Karumkital Ilyas Tarakan, Danyon Marhanlan XIII dan para Kasatker Lantamal XIII. Acara dilanjutkan dengan pemutaran film “Mengenang Pertempuran Laut Arafuru” dilanjutkan Mengheningkan Cipta, do’a bersama, menyanyikan lagu Gugur Bunga dan diakhiri

Dispen Lantamal XIII