Danlantamal VI : Para Pahlawan Pertempuran Laut Arafuru Berikan Teladan Sejati Pada Kita Yakni Sikap Ksatria, Rela Berkorban, Pantang Menyerah dan Tetap Gigih Sampai Akhir.

Makassar, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, S.H., M. Tr (Han) menyampaikan bahwa Para Pahlawan Pertempuran Laut Arafuru memberikan teladan sejati pada kita yakni Sikap Ksatria, Rela Berkorban, Pantang Menyerah dan Tetap Gigih Sampai Akhir.

Hal tersebut disampaikan oleh Danlantamal VI pada saat membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., pada acara Doa Bersama mengenang pertempuran Laut Arafuru 15 januari 1962 bertempat di Gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI, Selasa malam (15/01/2019).

Selanjutnya, Dalam sambutan Kasal yang dibacakan oleh Danlantamal VI mengatakan acara doa bersama mengenang pertempuran laut Arafuru 15 januari 1962 ini memiliki dua tujuan. Pertama, acara ini merupakan salah satu bentuk penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Pahlawan Pertempuran Laut Arafuru dan pertempuran laut lainnya, yang telah mengorbankan jiwa dan raga mereka demi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. Sejarah membuktikan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai jasa para pahlawannya.

Tujuan kedua yang tidak kalah pentingnya adalah mewariskan nilai-nilai luhur para pahlawan pertempuran laut kepada generasi penerus untuk dapat diaktualisasikan dalam tugas-tugas kekinian. kenyataan telah memperlihatkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki karakter nasionalnya yang mampu menyaring nilai-nilai global untuk kepentingan nasionalnya.

Nilai-nilai kepahlawanan Pertempuran Laut Arafuru yang mencakup sikap ksatria, rela berkorban, pantang menyerah dan tetap gigih sampai akhir sangat relevan untuk digunakan sebagai spirit mewujudkan indonesia sebagai poros maritim dunia. Penguatan lima pilar poros maritim dunia membutuhkan para pelaku yang memiliki karakter sumber daya manusia maritim seperti integritas, keberanian menghadapi resiko, dedikasi, loyalitas, mengutamakan kepentingan bersamadan teguh pada tujuan yang sebenarnya merupakan proyeksi dari nilai-nilai luhur pertempuran laut Arafuru.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pendahulu kami, Kasal dari masa ke masa, Panglima Armada dari masa ke masa, Pangkolinlamil dari masa ke masa, Dankormar dari masa ke masa dan keluarga besar Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut yang telah memberikan sumbangsih perjuangan baik di darat maupun di laut serta telah menurunkan tradisi Angkatan Laut hingga saat ini”, kata Danlantamal VI yang membacakan Amanat Kasal ini.

Do’a Bersama ini , Para Asisten Danlantamal VI, Dansatrol Lantamal VI, Kafasharkan Makassar, Danyonmarhanlan VI, Dansekesal Makassar, Karumkital Jala Ammari, Kaladokgi Yos Sudarso Makassar serta para Perwira, Bintara, tamtama dan PNS Lantamal VI serta Personel Yonmarhanlan VI.