JELANG KEBERANGKATAN KE LEBANON, KRI SURABAYA-591 LALUI SURVEI SERTIFIKAT KHUSUS TERUSAN SUEZ

KOARMADA II – Surabaya, 11 Januari 2019

Guna mendukung Repatriasi Material Satgas Konga TNI UNAMID di Sudan dan Peremajaan Alutsista Satgas Konga TNI UNIFIL di Lebanon, Komandan KRI Surabaya (SBY)- 591 Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat, S. Si., menerima kunjungan tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R I yang di wakili oleh Kasi Pengukuran Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal Penumpang dan Kapal Penangkap Ikan Galih Ernowo, bertempat di Ballroom KRI Surabaya (SBY)- 591 yang sandar di Dermaga Semampir Koarmada II. Surabaya. Jum’at (11/01/2019).

Adapun maksud dan tujuan kedatangan tim dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk melaksanakan survei terkait dengan rencana penerbitan sertifikat khusus bagi KRI Surabaya untuk melewati Terusan Suez karena berdasarkan Telegram Pangkoarmada II, KRI Surabaya- 591 disiapkan untuk mendukung kegiatan Repatriasi Material Satgas Kontingen Garuda TNI UNAMID di Sudan sekaligus  untuk peremajaan material Satgas Kontingen TNI Garuda UNIFIL di Lebanon.

Untuk itu tim dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut datang untuk melaksanakan survei dan meyakinkan bahwa KRI SBY- 591 memenuhi syarat untuk memiliki Sertifikat Khusus Terusan Suez tersebut.

Lebih lanjut Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat, S. Si., menjelaskan sampai dengan saat ini personel dan material kapal sudah siap secara umum, namun masih ada penyempurnaan di beberapa peralatan  sehingga diharapkan pada saat KRI SBY- 591 nanti berangkat, secara teknis, personel maupun material benar-benar dalam kondisi yang siap sehingga tidak mengalami kendala selama perjalanan dari Indonesia menuju Sudan dan selanjutnya ke Beirut, Lebanon sampai kembali lagi ke Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut Kasubdis Jitu Dislaikmatal dan Kasi pengukuran Syahbandar Perak Surabaya.

Kadispenkoarmada II Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo A.