JALASENASTRI KORCAB XIII DJA II TARAKAN IKUTI SEMINAR KESEHATAN “PENYEBAB KEMATIAN JANIN DALAM KANDUNGAN”


TARAKAN – Tak sedikit kaum hawa yang mengandung namun sebelum umur kandungan cukup untuk melahirkan, kondisi bayi dalam kandungan sudah dalam keadaan meninggal dunia. Guna mengantisipasi terjadinya peristiwa tersebut pada keluarga prajurit dan PNS Lantamal XIII Tarakan serta Yonmarhanlan XIII, pagi tadi Jumat, (11/01/2019) Jalasenastri Korcab XIII DJA II menggelar acara Seminar Kesehatan dengan pembahasan “Penyebab Kematian Janin Dalam Kandungan”.


Bertempat di gedung Serbaguna Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan Jl. Yos Sudarso No.10 Kelurahan Selumit Pantai, Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara Ketua Korcab XIII Daerah Jalasenastri Koarmada II Ny. Judijanto memberikan sambutan pada acara yang digagas oleh Pengurus Korcab XIII DJA II guna memberikan pengetahuan kepada seluruh anggota Jalasenastri Korcab XIII DJA II, Kowal dan PNS wanita Lantamal XIII serta Yonmarhanlan XIII.

Bertindak selaku penceramah kesehatan adalah dr. Prakoso Adhi, Sp.OG dan dr. Muhammad Buchori, M.Sc., Sp.A yang sehari-hari berdinas di rumah sakit TNI AL Ilyas. Beliau menyampaikan bahwa, ada 3 faktor yang menyebabkan kematian janin saat masih berada dalam kandungan yaitu Pertama, faktor Maternal (ibu) yaitu kelainan pada ibu seperti infeksi. Kedua, faktor Fetal (janin) yaitu kelainan kongenital. Ketiga, faktor Plasenta yaitu kelainan letak.

Hadir dalam acara seminar tersebut Ketua Korcab Xlll DJA II, Pengurus dan seluruh anggota Jalasenastri Korcab Xlll DJA ll, seluruh Kowal Lantamal XIII dan PNS wanita Lantamal XIII. Selesai acara Seminar Kesehatan, acara dilanjutkan dengan Arisan Jalasenastri yang rutin dilaksanakan setiap bulan.

Dispen Lantamal XIII