PANGKOARMADA II HADIRI ACARA PEMBUKAAN REVIU LAPORAN KEUANGAN TNI AL

KOARMADA II – Surabaya, 10 Januari 2019

Panglima Komando Armada II Laksda TNI Mintoro Yulianto,  S. Sos., M.Si., menghadiri  acara Pembukaan Reviu Laporan Keuangan TNI AL Semester II, TA. 2018, yang dipimpin oleh Irjenal Laksda TNI Djoko Erwan, bertempat di Gedung Candrasa Mako Koarmada II. Surabaya. Kamis (10/01/2019).

Dalam amanatnya Pangkoarmada II menyampaikan reviu laporan keuangan semester II TA. 2018 yang dilaksanakan oleh tim Inspektorat TNI Angkatan Laut ini, ditujukan untuk memperoleh informasi dan data tentang laporan keuangan semester II tahun anggaran 2018 yang telah dilaksanakan.

Kegiatan ini lanjut Pangkoarmada II menunjukan komitmen yang kuat dari Inspektorat TNI Angkatan Laut untuk mewujudkan sistem pelaporan keuangan yang lebih baik, transparan dan akuntabel.

“ Serta untuk memberikan keyakinan bahwa akuntansi telah diselenggarakan berdasarkan sistem akuntansi pemerintahan dalam upaya membantu pimpinan untuk menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas dan kredible,” terang Pangkoarmada II.

Sementara itu menurut Irjenal, Inspektorat TNI Angkatan Laut memiliki wewenang menyelenggarakan pengawasan yang substansinya merupakan kegiatan pemberian jaminan (Assurance) dan konsultasi (Consulting) dari mulai tahap perencanaan sampai dengan pertanggung jawaban anggaran pemberian Assurance terdiri dari kegiatan audit, Reviu, pemantauan dan evaluasi, sedangkan konsultasi berupa kegiatan Advisory, fasilitatif dan training.

“Kegiatan reviu ini merupakan implementasi terhadap peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 tentang (SPIP), peraturan pemerintah tersebut merupakan acuan dalam pelaksanaan pengendalian intern secara menyeluruh di lingkungan pemerintah termasuk Kemhan dan TNI,” tandas Laksda TNI Djoko Erwan.

Hadir dalam acara tersebut diantanya Kaskoarmada II, Danguspurlakoarmada II, Irkoarmada II, Asisten Pangkoarmada II dan Kasatker Koarmada II.

Kadispenkoarmada II Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo A.