AKSI TIM VBSS PASUKAN KATAK KEJUTKAN TARUNA DAN TARUNI BEB 2019

KOARMADA II – Surabaya, 09 Januari 2019

Aksi tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) Satkopaska Koarmada II berhasil mengejutkan sebanyak 519Taruna dan Taruni Akademi TNI yang sedang mengikuti rangkaian kegiatan Bhineka Eka Bhakti (BEB) Tahun 2019 di Koarmada II pada Rabu, (09/01/2019).

Para Taruna/Taruni dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Angkatan Udara (AAU) berpangkat Prajurit Taruna tersebut mengikuti kegiatan Bhineka Eka Bhakti yaitu kegiatan yang diadakan setiap tahun bagi para Taruna/Taruni Akademi TNI yang masih melaksanakan pendidikan dasar di Magelang dengan tujuan untuk memberikan pengenalan dan pengetahuan tentang Satuan-satuan TNI yang ada di wilayah Provinsi Jatim salah satunya Kotama TNI AL yakni Koarmada II.

Saat sedang menikmati kunjungan di KRI Banda Aceh-593  di atas geladak tiba-tiba bunyi tembakan memecah suasana, dimana pasukan katak Koarmada II terlihat mengejar musuh yang berhasil menyandera seorang tawanan.

Melalui jalur laut dengan menggunakan sea rider dan naik ke kapal sasaran melalui buritan, terjadi tembak menembak dan mengenai penyandera yang berjaga. Tim Kopaska selanjutnya bergerak cepat keanjungan untuk melumpuhkan musuh dan akhirnya berhasil menyelamatkan sandera yang ditawan.

Penyanderaan yang terjadi diatas kapal itu, Kopaska dengan semboyannya Tan Hana Wighna Tan Sirna (Tidak ada rintangan yang tak dapat diatasi) menyelamatkan para sandera yang terluka selanjutnya dievakuasi oleh tim medis dengan menggunakan helikopter.

Demikian simulasi yang disuguhkan tim Satkopaska Koarmada II dalam rangka BEB TA.2019 yang membuat para Taruna/Taruni  terkejut sekaligus terpukau dengan aksi pasukan khusus berbaret merah kebanggaan TNI AL tersebut.

 

Kadispen Koarmada II Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo A.