Danlantamal VI : Peringatan HUT Kowal Momentum Evaluasi dan Intropeksi Diri

Makassar, “Peringatan HUT Kowal menjadi momentum evaluasi dan intropeksi diri dalam meningkatkan kinerja Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) kedepan” kata Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono S.H, M.Tr (Han) saat membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E, M.M pada Upacara Parade acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) ke-56 Tahun 2019 Wilayah Makassar yang dilaksanakan di dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar, Senin (07/01/2019)

Disebutkannya, selaras dengan instruksi Presiden RI Nomor 9 Tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender, maka kesempatan bagi wanita Indonesia untuk menjadi anggota TNI, termasuk Kowal makin lebar.

” Saat ini Perwira Kowal juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pendidikan militer sampai jenjang Sesko TNI dan pendidikan ilpengtek sampai dengan strata tertinggi (S3) ,” katanya.

Dalam bidang penugasan saat ini prajurit Kowal tidak terbatas pada tugas – tugas administrasi atau perkantoran dan kesehatan. Tetapi sudah mulai berkiprah di bidang yang lebih luas baik Nasional maupun Internasional seperti misi perdamaian dunia di bawah bendera PBB, dan penugasan di satuan operasi seperti KRI jenis PKR 10514 dan LPD, lanjut Danlantamal VI

Dalam amanatnya, Kasal berpesan bahwa seorang Kowal harus dapat menjalankan peran multi fungsi baik sebagai seorang prajurit, sebagai seorang istri, sebagai seorang anak dari pada orang tuanya, maupun sebagai seorang ibu dari pada anak-anaknya.

” Sebagai prajurit matra laut, Kowal dituntut harus menunjukkan profesionalisme dan kapasitasnya yang seringkali melampaui kodratnya sebagai seorang wanita” Ujar Danlantamal VI membacakan Amanat tertulis Kasal.

Turut hadir dalam upacara parade tersebut Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas, para Asisten Danlantamal VI, Dansatrol Lantamal VI serta para kadis dan Kasatker Lantamal VI