RODA MUTASI KEMBALI BERPUTAR, ENAM JABATAN STRATEGIS DI KOARMADA II DISERAHTERIMAKAN

Surabaya, 4 Januari 2019

 

Panglima Koarmada II (Pangkoarmada II) Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos.,M.Si., memimpin serah terima jabatan enam jabatan sekaligus yakni Asisten Operasi (Asops) , Asisten Potensi Maritim (Aspotmar), Komandan Satuan Kapal Eskorta, Komandan Satuan Kapal Amfibi, Komandan Satuan Kapal Cepat, serta Komandan Satuan Kapal Bantu, yang berlangsung di dua tempat yakni Gedung Candrasa, dan Indoor Sport Koarmada II. Surabaya. Jumat (04/01/2019)

Jabatan Asops Pangkoarmada II diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Sawa, S.E.,M.M. kepada Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayu Seto .Kemudian jabatan Aspotmar Pangkoarmada II diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Sigit Santoso kepada Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E.

Sedangkan jabatan komandan satuan kapal yang diserahterimakan yakni jabatan Dansatkor dari Kolonel Laut (P) Dato Rusman SN., S.E. kepada Kolonel Laut (P) Agam Endrasmoro. Jabatan Dansatfib dari Kolonel Laut (P) Kunto Tjahjono kepada Kolonel Laut (P) Dede Burhanudin.Kemudian jabatan Dansatkat diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Wawan Trisatya Atmaja kepada Kolonel Laut (P) Eko Wahyono, dan terakhir jabatan Dansatban dari Kolonel Laut (P) Anung Sutanto, S.Sos kepada Kolonel Laut (P) Arief Budiman.

Dalam sambutannya Pangkoarmada II menyampaikan bahwa serah terima jabatan merupakan salah satu bagian dari penyegaran atau dinamika berorganisasi guna mengantisipasi berbagai tantangan pelaksanaan tugas.

Serah terima jabatan atau sertijab juga merupakan implementasi dari proses pembinaan personel, sekaligus kesempatan dan peluang bagi para Perwira untuk dapat mengembangkan karier dan mengaktualisasikan kemampuan konseptualnya serta ide-ide kreatif yang baru guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih baik.

Sementara itu terkait pergantian pimpinan di level Komandan Satuan, Pangkoarmada II berharap para pejabat baru mampu membantu panglima dalam merumuskan dan mengembangkan kebijakan di bidang pembinaan dan pelaksnaan tugas di lapangan dalam rangka menjamin kesiapsigaan personel dan unsur-unsurnya serta mengkaji dan mengembangkan taktik, teknik, serta metode peperangan laut.

“ Partisipasi dan peran satuan kapal sangat dibutuhkan mengingat wilayah kerja Koarmada II  yang strategis dan dilalui jalur pelayaran internasional, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi Koarmada II dalam menjaga kedaulatan dan keamanan di laut. Selain itu Koarmada II dituntut mampu menghadirkan kekuatan unsur KRI untuk melakukanpenagkalan dan cegah dini terhadap berbagai ancaman di laut,” tegas orang nomor satu dijajaran Koarmada II ini.

Menutup sambutannya Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos.,M.Si.,mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi danloyalitas serta pengabdian yang telah diberikan oleh para pejabat lama. Dan juga mengucapkan selamat atas jabatan baru yang diemban kepada para pejabat baru , sebagai kepercayaan dan amanah yang harus dijaga sekaligus kehormatan dan kebanggaan untuk meningkatkan profesionalisme dan kinerja TNI AL.

 

Kadispen Koarmada II Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo A