Peringati HUT ke-69, Lantamal V – Perum Jasa Tirta Surabaya Gelar Lomba Dayung Rakit Ban Bambu di Rolak Gunungsari

Peringati HUT ke-69,  Lantamal V –  Perum Jasa Tirta Surabaya Gelar Lomba Dayung Rakit Ban Bambu di Rolak Gunungsari

Lantamal V(29/12).           

Rayakan HUT ke-69, Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) dan Perum Jasa Tirta Surabaya menggelar Lomba Dayung Rakit Ban Bambu (RBB) dan Bersih-bersih Sungai Satuan Karya Pramuka Bahari Tingkat Daerah Jawa Timur tahun 2018 di Rolak  Gunungsari tepat di belakang Kantor Perum Jasa Tirta I , Jalan Karah No 6 Surabaya, Sabtu (29/12).

Tampak hadir Direktur Perum Jasa Tirta 1 Raymond,  Wadan Lantamal V Kolonel Marinir CTO Sinaga,  Para Asisten Danlantamal V,  Para Kasatker Lantamal V, Dirut Sumber Daya Manusia PT. PAL, Dirut Teluk Lamong dan jajaran pengurus Kwartir Sakabahari Cabang Daerah Jawa Timur.

Dalam lomba RBB ini, diikuti 20 tim dari Kwartir Cabang Pramuka se-Jatim. Satu tim berisi tiga orang peserta. Perlombaan ini adalah hasil kolaborasi Lantamal V TNI AL dengan Perum Jasa Tirta I dan Saka Bahari Pramuka Jatim.

Komandan Lantamal V, Laksamana Pertama TNI Edwin, S. H,  menilai, lomba tersebut adalah momentum menanamkan edukasi pada generasi muda untuk sadar akan kebersihan lingkungan, salahsatunya sungai.

“Sungai itu adalah bagian dari lingkungan kita, kesadaran itu semoga terbangun dalam diri mereka untuk tidak buang sampah sembarangan di sungai,” ucapnya.

Danlantamal V yang juga berharap, kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa cinta bahari di generasi muda,  juga sebagai suatu wahana bagi generasi muda untuk mengasah kebersamaan dan prestasi,  khusisnya di cabang olahraga Dayung.

Dalam lomba itu, tiga orang perserta dalam satu tim diminta menaiki sebuah perahu rakit yang terbuat dari tiga buah ban karet yang diikat berjajar dengan penyangga bambu berbentuk segitiga.

Tiap orang dari tim membawa sebuah dayung, lalu mulai beradu melawan dua tim lainnya dalam sekali perlombaan.

Dalam babak penyidikan,  Ketiga tim beradu cepat menyebrangi Sungai Kalimas dari sisi timur ke barat sepanjang 100 meter.

Annisa Shafira (16), seorang peserta perwakilan Pramuka Tim Kwatir Cabang Surabaya, mengaku merasa kesulitan melintasi medan Sungai dikawasan Rolak ini.

 

Selain harus beradu cepat melawan peserta lomba lainnya, Annisa mengaku timnya harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk hadapi arus sungai yang deras.

Ia menerangkan, arus sungai cukup kuat karena dipengaruhi hembusan angin dari arah selatan membuat rakit timnya berjalan menyerong.

“Di sini arusnya kencang ditambah anginnya juga kenceng kami kesulitan. Apalagi ada garis batas kalau kami langgar bakal didiskualifikasi,” tuturnya.

Dalam lomba RBB ini keluar sebagai juara di Kategori Putra Juara I diraih tim Malang 2, Juara Il tim Gresik dan Juara III dari tim Malang 1.

Sementara itu di Kategori Putri Juara I diraih tim Sidoarjo 2, Juara Il dari tim Sidoarjo 3 dan Juara III tim Malang.