DIEN MINTORO YULIANTO AJAK ANGGOTA JALASENASTRI ARMADA II IKUTI PELATIHAN SHIBORI DENGAN PEWARNA INDIGO DAN ECOPRINT ADVANCED

KOARMADA II – Surabaya, 21 Desember 2018

Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA) II Ny. Dien Mintoro Yulianto, berikan pelatihan Shibori dengan pewarna Indigo dan Ecoprint Advanced kepada para ibu anggota Jalasenastri Daerah Armada II, bertempat di Gedung R-4 Denma Koarmada II. Surabaya. Jum’at (21/12/2018).

Dalam sambutanya Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA) II,selain mengucapkan selamat  datang kepada semua ibu-ibu yang mewakili tiap-tiap Cabang dan  Korcab- korcab , juga menghimbau agar para peserta mengikuti pelatihan ini dengan baik dan tekun agar  dapat menghasilkan karya yang maksimal.

” Semoga ilmu yang sudah didapat di tularkan kepada ibu-ibu di Cabang- cabang masing-masing ,dan terutama untuk Korcab- korcab yang juga mengikuti pelatihan ini diharapkan bisa untuk mengisi waktu luang ibu- ibu sebagai ketrampilan tangan,  bahkan tambahan pemasukan, ” tutur Ny. Dien Mintoro Yulianto kepada para peserta.

Ecoprint sendiri menjadi primadona bagi anggota Jalasenastri saat ini sebagai bahan pelatihan.

Ecoprint adalah salah satu teknik pemberian motif dan pewarnaan pada tekstil dengan bahan alam seperti daun atau bagian lain yang dapat memberikan motif atau warna, dalam hal ini ada dua teknik yaitu teknik Pounding dan teknik Steam.

Sedangkan bahan yang bisa di Ecoprint adalah bahan yang terbuat dari bahan alam antara lain, Sutra,Cotton dan Wool.Sementara pembuatan Ecoprint dengan menggunakan zat warna alam (ZWA) sebagai warna dasar kain utama, dan proses pewarnaan kain utama  menggunakan bantuan kain Blangket yang di letakkan diatas kain utama.

Agar warna tekstil yang di hasilkan tidak mudah  luntur, maka pada proses pencelupan atau pewarnaan perlu di tambahkan suatu bahan yang dapat berfungsi sebagai Mordant atau agen Fiksasi atau pengikat zat warna.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Pengurus Daerah Jalasenastri Armada II, seluruh perwakilan  Cabang 1 s.d 13 serta perwakilan dari Korcab 6 Lantamal Makasar, Korcab 7 Lantamal Kupang, Korcab 8 Lantamal Manado, Korcab 13 Lantamal Tarakan dan perwakilan Kowal Koarmada II.

Kadispenkoarmada II Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo A.