KRI TATIHU-853 MENDUKUNG EKSPEDISI KAS KELILING BANK INDONESIA DI PULAU TERPENCIL

KOARMADA II – Surabaya, 03 Desember 2018

KRI Tatihu- 853 yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Nurwahidin, S.H., membantu kegiatan operasional Bank Indonesia berupa Kas Keliling yang dilaksanakan di pulau-pulau terpencil di wilayah Sulawesi Selatan. Bertempat di Dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar.

Bantuan KRI Tatihu-853 dalam mempermudah operasional Bank Indonesia dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah terpencil tersebut, merupakan salah satu bagian dari  Operasi Kilat Mandau Р18 dibawah kendali operasi Guskamla Koarmada II, yang tergabung dalam Second Fleet Quick Response (SFQR) Koarmada II.

Sementara itu TNI AL dalam hal ini Lantamal VI Makassar kembali bekerjasama dengan Bank Indonesia dalam kegiatan Kas Keliling Bank Indonesia yang dilaksanakan di pulau-pulau terpencil di wilayah Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini merupakan salah satu tugas Operasi Militer Selain Perang (Military Operation Other Than War) yaitu dalam rangka mendukung program pemerintah terutama dalam percepatan pertumbuhan dan pembangunan di seluruh wilayah NKRI, sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang TNI Nomor 34 tahun 2004 Tentang TNI. Dimana tugas pokok TNI salah satunya adalah membantu tugas pemerintah di daerah.

Dalam sambutan Danlantamal VI yang dibacakan Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman M. Tr. (Han) ,saat  melepas keberangkatan Ekspedisi Kas Keliling Bank Indonesia , menyebutkan ekspedisi ini berangkat dari Makassar pada tanggal 28 November 2018 menuju ke beberapa pulau di wilayah Sulsel, di antaranya yaitu Pulau Sarappo Lompo, Podang Podang, Pulau Sama Tellu Lompo, Karanrang Dan terakhir pulau Kaitan, setelah itu pada tanggal 03 Desember 2018 kembali ke Makassar.

Kadispenkoarmada II, Letkol Laut (KH) Suratno, S.S., M.M.,