Pacu Kreatifitas, Pengurus Cabang 4 Korcab V DJA ll Latihan Membuat Sibhori

Pacu Kreatifitas, Pengurus Cabang 4 Korcab V DJA ll Latihan Membuat Sibhori

Lantamal V (28/11), —

Untuk menambah pengetahuan dan memacu kreatifitas,  Pengurus Cabang 4 Semarang Korcab V DJA II   melaksanakan latihan bersama membuat kreasi Shibori di rumah kreasi  Lanal Semarang  jalan KRI Dewa Ruci II  Komplek Rumdis TNI AL Kalibanteng, Semarang, Rabu (28/11).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Cabang 4 Korcab V DJA II Ny. Heni Heri Triwibowo dan dihadkri seluruh pengurus Cabang 4.

Diawal pelaksanaannya,   Ketua Cabang 4 Korcab V DJA ll menjelaskan dan menceritakan apa itu Shibori. Shibori lanjutnya,   merupakan seni kreativitas pewarnaan kain dari Jepang, dimana sebuah pola pada kain diciptakan melalui proses pencelupan pada pewarna.

“Dasarnya pembuatan Shibori mirip seperti membatik, di mana beberapa bagian kain ‘dilindungi’ agar tidak terkena pewarna,  sehingga hasil akhirnya memberikan pola sesuai dengan bagian yang diwarnai dan dilindungi.” terangnya.

Pada pembuatan Shibori, lanjutnya,  perlindungan pada kain dilakukan menggunakan teknik seperti melipat, melilit dan mengikat kain dan mencelupkannya pada pewarna, biasanya indigo.

Bahan yang digunakan untuk mengikat kain tersebut akan menahan pewarna, sehingga daerah kain di bawahnya tidak akan berubah warna. Dengan metode seperti ini, tidak ada batasan pola yang dapat diciptakan, menjadikan setiap kain Shibori memiliki keunikan yang berbeda dengan yang lainnya.

Setelah memberikan pengetahuan teori singkat, dilanjutkan dengan Latihan Praktek,  dimana masing masing peserta diberikan selembar kain untuk di buat Pola sesuai apa yang menjadi keinginan si pembuat. Kemudian melalui proses pewarnaan dan pengeringan.

Dengan adanya kegiatan semacam ini terlihat Ibu-ibu Pengurus Jalasenastri Cabang 4 terlihat sangat antusias dan semangat melaksanakan setiap sesi pembuatan Sibhoris.

Menurut Ketua Cabang,  kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan alternatif keterampilan kepada Ibu ibu pengurus. Dengan harapan pengetahuan/ketrampilan ini akan dapat bermanfaat dan bila ditekuni serta dikembangkan akan bisa menjadi peluang untuk menghasilkan   pendapatan tambahan.