PANGKOARMADA II AJAK SEGENAP PRAJURIT TINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN

KOARMADA II – Surabaya, 14 November 2018

Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., mengajak segenap prajurit, PNS, dan Jalasenastri Koarmada II untuk tingkatkan keimanan dan ketaqwaan dalam kegiatan kusri keagamaan rutin, yang dilaksanakan di Masjid Al Mahdi, Mako Koarmada II Ujung, Surabaya pada Rabu (14/11/2018).

Turut hadir dalam kegiatan keagamaan tersebut, Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Dhien Mintoro Yulianto para Asisten Pangkoarmada II, Kasatker, Komandan Satuan KRI dan juga beserta pengurus.

Dalam Kauseri Agama Islam kali ini menghadirkan penceramah Ustadz H. Heru Puji Astanto. Ustadz yang juga seorang motivator ini dalam tausiyahnya membawakan materi tentang Pendidikan Islam dalam Keluarga.

Menurut Ustadz Heru- sapaan akrabnya, pada zaman global seperti saat ini banyak tantangan yang dihadapi oleh para pendidik khususnya guru di sekolah dan orangtua di lingkungan keluarga. Tantangan yang dimaksud adalah semakin canggihnya teknologi dan luasnya pergaulan anak, yang amat sangat berpengaruh pada pandangan hidup, kepribadian serta perilaku anak itu sendiri saat mereka beranjak dewasa, kewajiban sebagai pemeluk agama Islam untuk belajar mengaji mulai dari anak-anak hingga dewasa mulai ditinggalkan karena sibuk dengan gadget yang mereka miliki. Padahal mengaji merupakan ibadah yang dapat memberikan ketenangan di dunia dan juga akan membantu di akhirat nanti.

Sedangkan menuntut ilmu pengetahuan,  kompetensi dan karakter pada anak yang akan membentuk akhlak, adalah suatu proses pendidikan yang dapat dikatakan berhasil dan apabila terdapat perubahan dalam perilaku, sebab terbangunnya sebuah perilaku merupakan cerminan dari keberhasilan pendidikan.

 “ Oleh karena itu anak harus diberi bekal pendidikan agama terutama pendidikan agama islam sejak dini. Pendidikan agama telah diajarkan di sekolah dan lingkungan keluarga, namun yang paling berpengaruh pada anak adalah pendidikan agama yang diberikan di lingkungan keluarga sejak dini sebagai pegangan hidup agar terhindar dari pengaruh negatif saat mereka bergaul di lingkungan luas nanti, “ tutur Ustadz Heru.

Sementara itu pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan Kauseri Agama Kristen yang diikuti oleh seluruh prajurit Nasrani Koarmada II yang dilaksanakan di Gereja GPIB Galilea, dengan pembicara Pdt. Mozes Kalampung, STH.,

Sedangkan untuk Prajurit dan PNS yang beragama Hindu melaksanakan Kauseri Agama di Pura Jala Wira Dharma Koarmada II, yang diisi dengan persembahyangan serta Dharma Wacana mengenai makna universal Karma Phala yang dibawakan oleh  PNS Subekti.

Kadispenkoarmada II, Letkol Laut (KH) Suratno, S.S., M.M.