KRI DIPONEGORO-365 DI SERBU SISWA SMK NEGERI 1 DAN SMK KELAUTAN MENTARI KUPANG

Koarmada II – Kupang, 18 September 2018
 
Setelah selesai mengikuti Latihan bersama KRI Diponegoro (DPN)-365 yang bergabung dalam Satgas Multilateral Exercise Kakadu 2018 dengan Royal Australian Navy (RAN), yang diikuti 27 negara di Asia Pasifik, tiba di Dermaga Mako Lantamal VII Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT),  Minggu (15/9/2018).
 
Setelah berlabuh selama dua hari di Mako Lantamal VII Kupang, KRI Diponegoro-365 menerima kunjungan 80 orang siswa-siswi SMK Kelautan Mentari Kupang dan SMK Negeri 1 Kupang Barat, yang didampingi Kepala Sekolah Emilius Banu A.Md., beserta para guru yang berjumlah 15 orang.
 
Diatas geladak Helly KRI DPN-365, Letkol Laut (P) Aminuddin Albek selaku komandan kapal beserta perwira dan prajurit, Selasa  (18/9) mengajak seluruh siswa-siswi SMK dan guru-guru melihat dari dekat tentang profil kapal perang korvet kelas SIGMA jajaran Satkor Koarmada II yang dilengkapi persenjataan  seperti, 76 mm Oto-Melara sebagai kanon utama yang berada di haluan, rudal anti pesawat udara, dan berbagai persenjataan canggih lainnya. Kunjungan tersebut, para siswa juga melihat-lihat peralatan navigasi yang ada di anjungan KRI Diponegoro-365.
 
Para siswa sangat senang dan antusias menanyakan tentang KRI yang dimiliki Indonesia, salah satunya yang di ungkapkan Saina  kelas 2 SMK Kelautan Mentari mengatakan, sangat senang bisa naik kapal dan melihat senjata yang canggih dari dekat semoga tiap tahun ada KRI yang sandar lagi di Kupang. 
 
Sebelumnya Komandan KRI DPN-365 Letkol Laut (P) Aminuddin Albek didampingi Mayor Laut (T) Sukardi yang jabatan sehari-hari sebagai  Kasubdisbinpuan Dispotmar Lantamal VII Kupang telah berkunjung terlebih dahulu ke SMK Kelautan Mentari Kupang untuk memberikan  pengarahan dan motivasi kepada seluruh  siswa siswi SMK yang ada di Kupang untuk bergabung bersama TNI Angkatan Laut. 
 
Dalam sambutannya, Komandan KRI Diponegoro-365  didepan kelas  mengatakan,   sangat bangga dan merasa terhormat atas penyambutan yang sangat luar biasa  dari guru dan seluruh sisiwa-siswi SMK Kupang dan tidak menduga sama sekali sambutannya yang begitu hangat penuh kekeluargaan.
 
Lebih lanjut Komandan mengatakan, bagi para siswa-siswi yang masuk sekolah kejuruan, ini merupakan awal dari pilihan kalian untuk menentukan arah masa depan setelah lulus nanti, raihlah cita-cta setinggi tingginya dengan bekerja keras,  belajar  yang rajin dan  berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar nantinya yang diimpi-impikan akan tercapai dengan baik, jadi mulai sekarang tanamkan cita-cita  pada diri kalian nanti setelah lulus mau jadi TNI AL ataupun bekerja dikapal sebagai Nahkoda dan lain sebagainya.    
 
 
Kadispenkoarmada II, Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.