Komandan Lanal Semarang Hadiri Sosialisasi SOP Penegakan Hukum dan Rapat Koordinasi Daerah

Lantamal V (13/9),—
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang-Lantamal V Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, S. E., menghadiri acara Sosialisasi SOP Penegakan Hukum dan Rapat Koordinasi Daerah yang digelar Kementerian Kelautan Republik Indonesia, Kamis (13/9).

Kegiatan yang mengusung tema “Optimalisasi Penanganan Ilegal Fishing Satgas 115” digelar di Hotel Aston Jalan Pandanaran Kota Semarang hari ini dan besok.

Hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut Direktur Operasi Satgas 115 Laksma TNI Wahyudi Hendro Dwiyono, M. M mewakili Kepala Pelaksana Harian Satgas 115 Laksdya TNI A Taufiq R, Tim satgas Kolonel Laut (P) M.Imran Junaedi, Kolonel Laut (P) Firman, Kasubditgakum ditpoair Mabespolri, Palaksa Lanal Semarang Letkol, Paspotmar Lanal Semarang , Pasop Lanal Tegal, Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Kasi Idik Satpolair Polda Jateng , PLT Ka.BPPI Jateng.

Dalam sambutannya Kepala Pelaksana Harian Satgas 115 menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Peserta Sosialisasi semoga dengan mengikuti sosiali sasi ini semakin menambah soliditas antar unsur unsur terkait dalam rangka melakukan Penegakan Hukum atas upaya pencurian ikan di wilayah Perairan negara Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Kepala Harian Satgas 115 juga menjelaskan kegiatan Sosialisasi bertujuan menginventarisir segala permasalahan yang ada di masing masing Stakeholder khususnya di tingkat Daerah sehingga dapat ditemukan solusi terbaik dan dapat mengeliminir keraguraguan bertindak bagi petugas yang berada di lapangan.

Lebih lanjut Kepala Pelaksana Harian menyampaikan bahwa kegiatan ini akan diberikan beberapa materi diantaranya, Pembinaan dan Pengawasan Penggunaan Alat Tangkap Ramah Lungkungan, oleh PSDKP. Penegakan Hukum Terhadap Kegiatan Ilegal Fishing oleh para Nelayan Tradisional disampaikan oleh TNI AL dalam hal ini di berikan oleh Danlanal Semarang.

Kepala Pelaksana Harian Satgas 115 berharap kedepannya Satgas 115 dan jajaran di lapangan mampu meningkatkan Kapasitasnya menjadi Satuan Tugas yang Handal dan Membanggakan serta mampu menjadi Deterrent Efect bagi Pelaku Ilegal Fishing di wilayah laut perairan Indonesia.

Dalam kegiatan Sosialisasi tersebut Lanal Semarang turut ikut serta menghadirkan beberapa Prajurit pengawak Posal, Kamla dan prajurit pengawak Staf operasi.