PRAJURIT KRI TERAPANG-648 JALIN NAVY BROTHERHOOD BERSAMA AL MALAYSIA DAN FILIPINA

Koarmada II – Surabaya, 5 September 2018.

Memasuki hari kedua kegiatan Latihan 3rd Trilateral Maritime Patrol (TMP) Port Visit, Prajurit KRI Terapang-648 mengikuti Diskusi dan Perencanaan Latihan yang dihadiri oleh Kepala Departemen seluruh kapal peserta. Sandakan. Kamis, (05/09/2018).

Adapun untuk diskusi kali ini diadakan di Hydrographic Room COMNAV II HQ Sandakan, Malaysia. Dalam diskusi ini direncanakan, latihan dilaksanakan setelah kapal bertolak dari Dermaga Sandakan dalam proses kembali ke negara masing-masing. Rencana Latihan kali ini meliputi antara lain, Tactical Manuver Exercise, RAS Approach Exercise, Flashex dan Photoex.

Selanjutnya usai latihan, Komandan KRI Terapang-648 Letkol Laut (P) Yohanes Berchmans C.H., S.E., beserta perwakilan delegasi masing-masing negara, didampingi oleh Commanding Officer COMNAV II mengadakan Courtesy Call ke President of Sandakan Municipal Council, Datuk Peter Hii Chang Lik.

Dalam lawatan ini, CO COMNAV II RADM Dato Ganesh Navaratma  Delegasi Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) menjelaskan tentang kegiatan Trilateral Maritime Patrol mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan patroli bersama sampai dengan kegiatan Port Visit yang merupakan bagian dari kerjasama di bidang keamanan laut ketiga negara. CO COMNAV II menyatakan lewat kegiatan TMP ini keamanan di wilayah laut perbatasan ketiga negara secara langsung menjadi lebih kondusif. Dengan kondisi keamanan laut yang lebih baik, kegiatan perekonomian dan kunjungan wisata di Kota Sandakan sendiri secara langsung meningkat. Demi mendukung kegiatan TMP Sandakan Municipal Council akan segera menyediakan lahan untuk pembangunan komplek COMNAV II seluas 100 hektare. Rencana pembangunan COMNAV II yang baru ini akan segera direalisasikan mulai tahun 2020.

Setelah kunjungan tersebut, seluruh delegasi dan kru kapal dari ketiga negara mengadakan City Tour dengan mengunjungi tempat-tempat rekreasi yang ada di sekitar Sandakan seperti mengunjungi Phu Jhi Siih Budhist Temple, Penangkaran Orang Utan Sepilok dan Sandakan Prisioner of War Memorial Park.

Pada malam harinya Angkatan Laut ketiga negara yaitu TNI AL, TLDM dan Philippine Navy melaksanakan Cultural Night. Dalam acara malam keakraban itu, tiap negara diwajibkan untuk menyajikan makanan khas dan menampilkan kesenian dari masing-masing negaranya. Sedangkan masakan Indonesia, dimasak dan dihidangkan langsung oleh Prajurit KRI Terapang-648 yang memiliki semboyan “Datang, Serang, Menang”, dengan menyajikan Nasi Goreng, Bakso dan Es Cendol menjadi makanan¬† primadona pada malam itu.

Acara Cultural Night dibuka dengan sambutan dari CO COMNAV II dan tarian khas dari Malaysia. Pada kesempatan kali ini Prajurit KRI Terapang-648 tidak ketinggalan menampilkan Tari Gemu Famire sebagai bagian dari memperkenalkan budaya Indonesia kepada delegasi negara lain. Tarian ini mendapatkan sambutan yang sangat meriah serta melibatkan seluruh peserta yang hadir pada malam ini. Secara umum acara berlangsung dengan antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta, serta sangat bermanfaat dalam membangun kerja sama dan komunikasi yang baik antara Angkatan Laut ketiga negara.

 

Kadispenkoarmada II, Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.