KOARMADA II AKAN GELAR PAMERAN ALUTSISTA TNI TAHUN 2018

Koarmada II – Surabaya, 05 September 2018

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., menerima paparan Rencana Garis Besar (RGB) Pameran Alutsista TNI Wilayah Surabaya Tahun 2018 yang disampaikan oleh Asisten Operasi (Asops) Danlantamal V Kolonel Laut (P) Agus Prabowo, S.E., bertempat di Ruang Rapat Panglima Koarmada II, Surabaya, Rabu (05/09/2018).

Dalam penjelasannya dihadapan Pangkoarmada II, Asops Danlantamal V menyampaikan secara garis besar tentang pelaksanaan Pameran Alutsista TNI dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-73 yang akan berlangsung di Koarmada II pada tanggal 6 – 7 Oktober 2018 mulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini tentunya dilatarbelakangi oleh momentum penting bagi TNI untuk menunjukkan kemampuan dan modernisasi Alutsista, serta merupakan pertanggung jawaban TNI atas kepercayaan atau tugas yang diberikan negara dan rakyat.

Mengambil tema, “TNI Berjiwa Kesatria, Militan, Loyal, Profesional dan Modern, serta Manunggal dengan Rakyat”, dalam Pameran Alutsista TNI tersebut, TNI Angkatan Laut akan menampilkan berbagai KRI dan Kapal Selam jajaran Koarmada II, Helikopter dari Puspenerbal, Pasukan Khusus TNI AL (Pasusla), Kendaraan Tempur (Ranpur) Marinir, serta Rudal & Torpedo. Sedangkan TNI AD akan menampilkan diantaranya, MBT Leopard, Tank Scorpion, Tank Transporter, Tank Stormer, Panser Anoa, Panser Intai, MLRS Astros, Rudal LML dan Rudal MMS. Untuk TNI AU sendiri akan menampilkan Miniatur Pesawat Udara, Korpaskhas beserta persenjataannya dan Kelengkapan Ordirga.

Selain itu, Alutsista karya anak bangsa juga akan ditampilkan melalui pameran dari beberapa Industri Pertahanan dan Jasa seperti PT. PAL Indonesia, PT Azka Arkan Bahari, Institut Teknologi Surabaya, PT. Sari Bahari, PT. Karya Tugas Anda, PT. Infra RCS Indonesia, PT. Garda Persada, PT. Tesco Indomaritim, PT. Indo Global Teknologi Semesta, dan masih banyak lagi.

Masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya diharapkan hadir bersama keluarga di Pangkalan TNI Angkatan Laut yang berlokasi di Ujung Surabaya, karena event ini juga dimeriahkan dengan penampilan demo bela diri Yoongmodo, Karate dan Taekwondo, demo terjun payung, hiburan band, dan stand pameran. Disamping itu pada hari Minggu, (07/10) akan diadakan lomba Fun Run 5K, Fun Bike, hiburan atraksi komunitas, demo Bonanza “Neptune Harmony Flight”, serta pengundian door prize berbagai hadiah menarik.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kaskoarmada II Laksma TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., Danlantamal V Laksma TNI Edwin, S.H., Para Asisten Pangkoarmada II, segenap Staf Ahli Pangkoarmada II, Kasatker Mako Koarmada II dan Para Panitia Pameran Alutsista TNI.

 

Kadispenkoarmada II, Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.