KASKOARMADA II HADIRI UPACARA PRASETYA PERWIRA DIKTUKPA TNI AL XLVII TA. 2017

KOARMADA II Surabaya, 24 Agustus 2018

Kepala Staf Komando Armada (Kaskoarmada) II Laksamana Pertama TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., didampingi Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armada II (KDJA) Ny. Sudihartawan, menghadiri Upacara Prasetya Perwira Diktukpa TNI AL Angkatan XLVII TA 2017 dengan Irup Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., Bertempat di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Kamis, (24/08/2018).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) secara langsung melantik 247 Siswa Diktukpa TNI Angkatan Laut dan 21 orang diantaranya adalah Siswa Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal). Dari jumlah perwira yang dilantik tersebut , 43 orang merupakan Korps Pelaut, 40 orang Korps Teknik, Delapan orang Korps Elektronika, 46 orang Korps Suplai, 62 orang Korps Marinir, 20 orang Korps Khusus, 12 orang Korps Kesehatan dan 16 orang Korps Pomal.

​Diawali dengan proses seleksi yang sangat ketat dengan persaingan yang tinggi, kemudian setelah dinyatakan lulus mereka langsung digembleng di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Kodiklatal di Juanda, Surabaya untuk mengikuti Pendidikan Pembentukan (Diktuk) selama tiga bulan. Selesai Diktuk, mereka masih harus melanjutkan pendidikan kejuruan selama delapan bulan di pusat pendidikan sesuai dengan Korps masing-masing.

Dalam upacara tersebut dilaksanakan pengalungan medali Jala Wira Adhiguna oleh Kasal kepada lulusan terbaik serta penyerahan ijazah kepada Letda Laut (P) Budi Setiyono yang merupakan lulusan terbaik Diktukpa TNI AL Korps Pelaut. Sedangkan lulusan terbaik Korps Teknik diraih Letda Laut (T) Hariyanto, A.Md, Korps Elektronika diraih Letda Laut (E) Yardiansyah Rangkuti, A.Md, Korps Suplai diraih Letda Laut (S) Dwi Puji Cahyono, S.E., Korps Marinir diraih Letda Marinir  Muklis, Korps Khusus diraih Letda Laut (KH) Wandry Wayuno Timor, Korps Kesehatan diraih Letda Laut (K) Paesal Rijal, A.Md.Kep., dan Korps Polisi Militer diraih  Letda Laut (PM) Densi Porwiyanto.  ​

Usai proses upacara pelantikan dilanjutkan dengan foto bersama dengan para wisudawan, seluruh perwira muda ini akan ditempatkan di jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia, baik di KRI, Satuan-satuan maupun Pangkalan-Pangkalan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengalaman tugas secara lengkap dan variatif, agar kedepan mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi perwira TNI AL yang tangguh serta handal di setiap medan penugasan.

Kadispenkoarmada II Letkol Laut (KH) Suratno, S.S