KRI SURABAYA-591 SIAP ANGKUT DAN BERANGKATKAN BANTUAN KE PALU

KOARMADA II – Surabaya, 02 Oktober 2018

Komando Armada II mengirimkan KRI Surabaya – 591 dengan komandan Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat, S.Si., beserta prajuritnya siap mengangkut dan mengantarkan bahan bantuan untuk korban gempa tsunami di Donggala dan Palu Sulawesi Tengah, saat ini KRI SBY-591 masih bersandar di Dermaga Madura Barat Ujung Koarmada II. Surabaya. Selasa, (02/10/2018).

Sejumlah bahan bantuan yang telah masuk dan di terima oleh KRI SBY- 591 berupa bahan pangan Beras, air mineral, mie instan, pakaian layak pakai, selimut dan pampers bayi selanjutnya akan diserahkan kepada korban gempa tsunami di Donggala dan Palu. Adapun bahan bantuan tersebut dari TNI AL, TNI AD Kodam V/Brawijaya serta dari masyarakat umum. Hingga berita ini di turunkan KRI SBY-591 masih proses embarkasi baik logistik, material dan bahan berat yang di angkut oleh KRI dari jajaran Satuan Kapal Satfib (Satfib) Koarmada II ini akan dilepas besok.

Tujuan dari keberangkatan KRI SBY- 591 merupakan bentuk tanggap segera TNI dalam meringankan beban para korban yang mengalami musibah beberapa waktu yang lalu.

Sedangkan KRI Makassar- 590 telah memberangkatkan relawan yang onboard di antara lain, Personil dari TNI AD : 1.100 orang, Relawan : 350 orang, Polri sebanyak : 169 orang, kendaraan roda 4 : 48 unit, kendaraan roda 2 : 46 unit dan Bahan Kontak.

Rencana esok, KRI SBY- 591 bertolak menuju Banjarmasin dan Balikpapan untuk muat alat berat : excavator dll, dan selanjutnya KRI SBY- 591 bergerak menuju Palu.

Sebelumnya TNI AL juga sudah memberangkatkan KRI Layang-635, Pers Lantamal VI bergerak via jalur darat sudah berada di Palu tahap I untuk bantu Penyiapan Dermaga dan tugas dari Lanal palu, dan untuk personil Lantamal VI mendirikan posko dan sudah menerima bahan kontak dari berbagai instansi untuk dimuat di KRI yang akan digerakkan ke Palu.

Sedangkan Kapal Rumah Sakit KRI SHS-990 di berangkatkan dari Bali, rencana sore ini langsung berangkat menuju Palu dengan mengangkut tim kesehatan, personil dan bahan kontak.

Kadispenkoarmada II, Letkol Laut (KH) Suratno, S.S