KADISOPSLATAL BUKA RAPAT EVALUASI LATMA RIMPAC 2018

Surabaya, 27 September 2018

Kepala Dinas Operasi dan Latihan Angkatan Laut (Kadisopslatal) Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, S.E., M.M. mewakili Asisten Operasi Kasal Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., memimpin pembukaan rapat evaluasi pelaksanaan Latma Multilateral RIMPAC 2018. bertempat di Auditorium Puslatkaprang, Kolatkoarmada II, Ujung Surabaya. Kamis, (27/09/2018).

Dalam amanat Asops Kasal yang dibacakan Kadisopslatal menyampaikan Latma Rim Of The Pacific (RIMPAC) merupakan latihan Multilateral dua tahunan yang di gelar oleh Armada ke-3 U.S Navy dan Marin Force Pacific Command yang melibatkan Angkatan Laut dari negara-negara di kawasan Indo Pasifik dan TNI AL telah mengikuti latihan tersebut.

Latma Multilateal RIMPAC juga merupakan kegiatan latihan yang dilaksanakan sebagai program latihan bersama antara TNI AL dengan U.S Navy dalam rangka meningkatkan profesionalisme, memperat hubungan kerja sama antar negara peserta dan secara internal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL.

Seperti kita ketahui TNI AL telah berpartisipasi pada Latma Multilateral Rimpac 2018 yang telah dilaksanakan pada tanggal  26 Juni s.d 3 Agustus 2018 di Hawaii, Amerika Serikat. Dengan mengirimkan  KRI R.E Martadinata-331 dan KRI Makassar- 590 dan satu Helli Bell on board beserta personel  yang meliputi personel satgas, Marinir, Satkopaska, Mobile Team Training (MTT), serta 8 kendaraan tempur amfibi LVT-7 dan 2 pucuk Howitzer (HOW 105 MM). Keikut sertaan TNI AL kali ini merupakan yang terbesar dibandingkan dengan Rimpac sebelumnya.

Tak lupa pula ucapkan selamat dan rasa bangga kepada Satgas Latma Rimpac 2018 yang telah melaksanakan tugasnya dengan membawa nama baik Indonesia dan TNI AL di dunia Internasional serta telah kembali ke Indonesia dalam keadaan aman, lancar dan yang paling utama adalah Zero Accident.

Usai amanat dilanjutkan dengan paparan dari Pasops Rimpac 2018 Kolonel Laut (P) Andri yang  memaparkan selama kegiatan latihan Rimpac 2018 di Hawaii dari awal sampai giat latihan tersebut selesai.

Hadir dalam acara tersebut komandan Satgas Rimpac.2018  Laksma TNI Agus Hariadi, perwakilan dari panitia Rimpac 2018 dari Mabesal,  Komandan KRI REM- 331 Kolonel Laut (P) Sandharianto dan Komandan KRI MKS- 590 Letkol Laut (P) Anton Pratomo.

Kadispenkoarmada, II Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.